Kumpulan Puisi Valentine Day's

Hari Valentine sebentar lagi tiba. Hari Valentine tentu nggak lepas dari kata-kata dan nada-nada penuh cinta. Cinta akan menjadi pencarian banyak orang. Bukan berarti Arjuna mencari cinta, sungguh aku bukan arjuna karena aku bukan siapa-siapa. Tolonglah aku yang sedang bingung karena kampanye damai yang penuh tanda tanya. Kampanye damai memang harus dilalui dengan hati penuh cinta. Apalagi bulan februari di mana ada hari valentine, dimana banyak orang memberi ucapan-ucapan cinta. SMS valentine yang penuh cinta pun akan banyak mengalir.

Ngomongin tentang cinta di hari valentine, daku teringat pada seorang sufi ternama yang bernama Jalaluddin Rumi. Melalui puisi-puisinya Jalaluddin Rumi menyampaikan bahwa pemahaman atas dunia hanya mungkin didapat lewat cinta, bukan semata-mata lewat kerja fisik. Untuk memahami dunia mungkin hanya melalui cinta. Cintalah yang akan membuatmu memahami dunia. Bukan dunia yang akan membuatmu memahami cinta, maka cintailah Cinta.

Pada puisi-puisi cinta karya Jalaluddin Rumi kurasa bisa dipakai buat ngasih ucapan Valentine Day's, ataupun buat ngirim sms cinta buat kekasihmu tercinta.

Berikut ini beberapa puisi Jalaluddin Rumi yang bisa dipakai buat ucapan Valentine Day's.

    Jika kau bukan seorang pecinta, jangan
    pandang hidupmu adalah hidup.
    Sebab, tanpa cinta segala perbuatan tidak
    akan dihitung pada hari perhitungan nanti.
    Setiap waktu yang berlalu tanpa cinta,
    akan menjelma menjadi wajah memalukan
    dihadapan Tuhan.
   _______________

    Para Pecinta

    Kepala-Mu pening karena aku.
    Pukullah aku kalau begitu
    Kau tahu aku tak ingin hidup tanpa diri-Mu
    Bagiku lebih baik mati daripada pengusiran ini
    Demi Allah......
    yang membangkitkan kembali orang-orang mati.
    Sama sekali tak mungkin percaya aku
    Bahwa Kau berpaling dari hamba-Mu
    Selalu kukatakan ucapan yang dilontarkan musuh-musuhku
    Hanya rekaan dusta semata.
    Kau jiwaku dan tanpa jiwaku
    Bagaimana mesti hidup aku
    Kau mataku tanpa Kau
    Aku tak punya mata untuk melihat sesuatu.
   _______________

    Pernyataan Cinta

    Bila tak kunyatakan keindahan-Mu dalam  kata
    Kusimpan kasih-Mu dalam dada
    Bila kucium harum mawar tanpa cinta-Mu
    Segera saja bagai duri bakarlah aku.
    Meskipun aku tenang, diam bagai ikan
    Tapi aku gelisah pula bagai ombak dalam lautan
    Kau yang telah menutup rapat dalam bibirku
    Tariklah misaiku dalam dekat-Mu.
    Apakah maksud-Mu?
    Mana aku tahu?
    Aku hanya tahu bahwa aku siap dalam iringan ini selalu.
    Kukunyah lagi menahan kepedihan
    Mengenangmu bagai unta memamah biak makanan
    Dan bagai unta yang geram mulutku berbusa.
    Meskipun aku tinggal bersembunyi dan tidak bicara
    Di hadirat kasih aku jelas dan nyata.
    Aku bagai benih di bawah tanah
    Aku menanti tiada musim semi.
    Hingga tanpa napasku sendiri
    Aku dapat bernapas wangi
    Dan tanpa kepalaku sendiri
    Aku dapat membelai kepala lagi.
    [membujuk yang tercinta)
   _______________

    Rahasia kegilaan adalah sumber akal.
    Seorang dewasa gila karena cinta.
    Ia yang bersama Hatinya seribu kali lebih
    kuat dari dirinya sendiri
   _______________

    Mati tanpa cinta adalah kematian yang
    terburuk dari segala kematian.
    Tahukah mengapa tiram bergetar?
    Tentu karena mutiara
   _______________

    Cinta Tuhan terangi hati dan jadikan para
    pecinta terjaga sepanjang malam.
    Wahai kawan, jika kau seorang pecinta
    jadilah seperti lilin.
    Larut di sepanjang malam, membara hingga
    pagi datang!
    Dia bagai cuaca beku di musim panas,
    bukanlah seorang pecinta. Di tengah
    musim panas, hati seorang pecinta
    membakar musim gugur.
    Wahai kawan, jika kau pendam cinta yang
    ingin kau nyatakan teriaklah seperti
    seorang pecinta! Tapi jika kau
    terbelenggu nafsu, jangan nyatakan
    sesuatu pada cinta.
   _______________

    Pilihlah cinta.
    Ya cinta!
    Tanpa manisnya cinta,
    hidup ini adalah beban.
    Tentu engkau telah merasakannya.
   _______________

>>Untuk puisi yang Lainnya ......
    A Love Poem

    If ever two were one, then surely we.
    If ever man were lov’d by wife, then thee;
    If ever wife was happy in a man,
    Compare with me ye women you can
    I prize thy love more than whole mines of Gold.
    Or all the riches that the East doth hold.
    My love is such that rivers cannot quench,
    Nor ought but love from thee, give recompense.
    Thy love is such I can no way repay,
    The heavens reward thee manifold repay,
    Then while we live, in love let’s so persevere
    That when we live no more, we may live ever.
   ________

    -Ann Bradstreet

    The day of love requires a companion,
    But I find myself at this time all alone.
    Words of sweet affection fill the morning
    Like bells outside the windows of my room.

    I don’t know why I don’t have someone with me.
    I’ve loved and been loved through the restless years.
    The mysteries of love I hold within me
    Are a darkness unrelieved by moon and stars.

    And yet I feel more love than I have ever
    Felt within the circle of a kiss.
    Love need not be a passion or a fever,
    Nor does it need a hand for its caress.

    Love does not require a companion.
    It doesn’t need an object or a home.
    It flies above the ecstasy of morning
    And fills the universe inside my room.
   ________

    - Sholay -

    Roses are Red
    Violets are Blue
    Carnations are Sweet
    And so are you.

    And so are they
    That send you this
    And when we meet
    We’ll have a kiss.
   _________

    Konstelasi Cinta

    Gelombang pasang terus menderu mempermainkan karang
    angin malam tersenyum berhembus perlahan
   
    agaknya malam ini,
    konstelasi cinta telah terbentuk sempurna,
    kerlingannya sungguh memukau mata,
    deburan merah biru nebulanya menggetarkan setiap pecinta
    kunikmati keheningan ini, keagungan ini

    setiap tetes di matamu menanyakan kepastian
    isakkmu terus mendengung seperti lebah

    mengapa menangis ? dimalam dimana cinta harus diagungkan
    selimut kebencian disingkirkan, teman lama dipertemukan
    dan setiap kerinduan tercurahkan
    bukankah malam ini terlalu indah untuk ditangisi …

    engkau masih terisak, lama lama aku terdiam
    menyadari bahwa isakmu adalah ungkapan cinta terdalam yang pernah kuketahui
    akupun terisak …
    dan kulihat, keindahan sejati dari konstelasi cinta
    adalah melalui genangan air mata


Bagi yang mau ngedonlot ebook berisi puisi-puisi Jalaluddin Rumi, daku sediakan ebook puisi jalaluddin rumi. Lumayan buat nyari inspirasi ucapan sms valentine.

Ebook Puisi Jalaluddin Rumi:
Puisi Jalaluddin Rumi 1
Puisi Jalaluddin Rumi 2
Puisi Jalaluddin Rumi 3
Puisi Jalaluddin Rumi 4
Puisi Jalaluddin Rumi 5
Puisi Jalaluddin Rumi Pernyataan Cinta
Puisi Jalaluddin Rumi Para Pecinta


Dikutip dari: http://takadakatakata.blogspot.com